Minggu, 05 Agustus 2018

Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Stik Pepaya Oleh KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura 2018

Sosialisai dan Pelatihan Bistik Pepaya

         Kerta Barat Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep merupakan sebuah desa yang memiliki hasil tanam pepaya yang cukup melimpah. Pepaya merupakan tumbuhan yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat pada buah pepaya memiliki banyak manfaat seperti memperlancar sistem percernaan, membantu menyehatkan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

          Selama ini warga sekitar hanya mengonsumsi buah pepaya untuk dijadikan sayur atau dimakan secara langsung sebagai buah atau campuran rujak. Akan tetapi yang mengonsumsi pun hanya sedikit orang. Bahkan buah pepaya yang ada dibiarkan matang tanpa dipetik untuk dikonsumsi.

       Bersama anggota KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura 2018 mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada warga sekitar dan ibu-ibu PKK Desa Kerta Barat tentang pengolahan buah pepaya yang dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan yang diberi nama stik papaya. Tujuan diadakanya pelatihan pembuatan stik pepaya ini adalah agar warga sekitar dapat berinovasi mebuat olahan pangan yang berbahan dasar buah pepaya selain itu juga dapat diharapkan agar warga sekitar dapat mengembangkan olahan produk pepaya tersebut sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan dapat dijadikan salah satu produk unggulan desa.

         Yuharlina (selalaku ibu kepala desa) mengatakan “selama ini desa kerta barat memang belum memiliki produk unggulan lain selain krupuk kepeng, sehingga diharapkan dengan adanya KKN UTM kelompok 71 ini diharapkan dapat memberikan ide-ide baru pengolahan pangan yang berbahan dasar produk lokal desa sendiri”.

       Pelatihan dan sosialisai yang diadakan pada tanggal 24 Juli 2017 pukul 14:00 WIB yang bertempat di rumah bapak kepala desa Kerta Barat pun mendapatkan respon positif dari warga sekitar. Terbukti sebanyak 59 warga tercatat hadir dan mengikuti acara yang diadakan oleh kelompok 71 KKN Universitas Trunojoyo Madura 2018. (D.Wirayanti)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html