Minggu, 12 Agustus 2018

Singkong Sebagai Potensi Lokal Sektor Perkebunan Di Desa Kerta Barat


Kerta Barat (2/8) merupakan desa yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor perkebunan dan pertanian dikarenakan tanah didesa tersebut cocok untuk ditanami berbagai tanaman perkebunan dan pertanian diantaranya padi, tembakau, jagung, singkong dan lain sebagainya. Dalam sektor perkebunan, masyarakat mayoritas memilih untuk menanam singkong sebagai bahan pembuatan kerupuk Kepeng.
Singkong atau Manihot Esculenta merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan dan kini sudah menyebar diseluruh dunia salah satunya adalah Indonesia. Tanaman singkong dipabrik-pabrik kebanyakan diolah menjadi tepung tapioka, sedangkan dimasyarakat singkong sendiri diolah menjadi berbagai kue dan makanan salah seperti ongol-ongol, klepon, gorengan dan lain-lain. Kandungan gizi dalam singkong setiap 100 gramnya terdapat kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, besi, lemak, dan vitamin B1. Jika dijadikan sebagai tepung, singkong memiliki kandungan gizi yang sama dengan tepung terigu ada umumnya. Khususnya bagi penghidap alergi gluten (protein gandum) dan Alzheimer. Dengan adanya perkebunan singkong yang ada diharapkan kepada warga Desa Kerta Barat dapat memanfaatkannya menjadi berbagai produk lokal desa tersebut yang menarik dan tahan lama di pasaran, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. (Aaguss)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html