Minggu, 12 Agustus 2018

Potensi Desa


1   Sektor Pertanian
Dalam sektor pertanian, Desa Kerta Barat memiliki potensi alam yang melimpah diantaranya padi, jagung, kacang tanah, tembakau, cabe dan lain-lainnya. Selain itu, sektor pertanian di Kerta Barat juga didukung dengan adanya lahan pertanian yang luas, tanah yang subur dan irigasi yang tercukupi. Sektor pertanian di Desa Kerta Barat sekaligus menjadi titik tumpu warga Desa Kerta Barat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Namun, semua komoditas pertanian tersebut hanya dapat dilakukan pada musim tertentu saja. Seperti halnya dengan tanaman padi yang hanya bisa ditanam ketika musim penghujan saja, sedangkan tanaman jagung, tembakau dan tanaman palawija hanya bisa ditanam ketika musim kemarau saja. Hal ini disebabkan karena pada saat musim penghujan sumber mata air sangat melimpah sedangkan pada saat musim kemarau sumber mata air mengering dan tanah sangat sulit meresap air. Sehingga tida heran mengapa ketika musim kemarau lahan pertanian di Desa Kerta Barat ada yang kosong, karena sedikit sekali kemungkinan tanaman yang ditanam akan tumbuh dengan subur walaupun menggunakan air irigasi.


Sektor Peternakan

Dalam sektor peternakan, masyarakat Desa Kerta Barat memiliki potensi dalam bidang peternakan yang dapat dikembangkan sebagai sumber perekonomian dan pendapatan sehari-hari. Mayoritas masyarakat Desa Kerta Barat lebih memilih untuk beternak ayam, sapi, dan kambing. Beberapa dusun yang sudah banyak menjalankan bisnis peternakan adalah Dusun Tajjan dan Daleman yaitu peternakan ayam potong dan ayam petelur. Kedua jenis peternakan tersebut menjadi favorit bagi masyarakat dikarenakan memiliki nilai lebih, baik dari pendapatan yang dihasilkan sehari-hari, mampu menguasai pasar, dan sedikit menyerapa tenaga kerja.
Namun, masyarakat yang lainnya hanya sedikit yang menjalankan bisnis tersebut, karena untuk memulai bisnis peternakan ayam petelur dan ayam potong tersebut memerlukan biaya yang cukup besar baik untuk kebutuhan pembangunan kandang, bibit hewan, pakan, obat dan lain sebagainya. Sehingga mereka lebih memilih beternak kambing dan sapi sebagai bisnis peternakan tersebut, yang mana lebih mengeluarkan sedikit biaya untuk memulainya. 

1    Sektor Industri Rumahan (Home Industry)
Masyarakat Desa Kerta Barat selain memiliki potensi dalam sektor pertanian dan peternakan, juga memiliki potensi lain yakni industri rumahan. Dalam industri rumahan masyarakat memanfaatkan singkong sebagai bahan pembuatan kerupuk kepeng. Krupuk kepeng adalah krupuk yang terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu yang kemudian dimatangkan dengan cara diuapkan diatas air yang mendidih kemudian dijemur dibawah terik matahari. Kepeng dijual dengan harga Rp. 15.000 / 100 lembar.
Dengan harga yang murah tersebut menjadikan kerupuk kepeng tersebut dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, namun sebagai salah satu bentuk bisnis perlu adanya peningkatan setiap tahunnya supaya usaha tersebut bisa terus berjalan. Sehingga untuk kedepannya perlu adanya inovasi baru supaya kerupuk kepeng tersebut memiliki nilai jual yang tinggi, menarik dipasaran dan menjadi salah satu produk unggulan dari Desa Kerta Barat.



0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html