Minggu, 05 Agustus 2018

Antusias Warga Masyarakat Desa Terhadap Pembuatan Pestisida Nabati Oleh Mahasiswa Kkn Universitas Trunojoyo Madura


              
Sosialisasi dan Pelatihan Pesnab

            Kerta Barat (24/7), pada siang hari menjelang sore ini lagi-lagi para warga mengisi kegiatan bersama di rumah bapak kepala desa Nur Holis, yakni sholawatan dan arisan yang diikuti oleh para ibu-ibu PKK dan perangkat desa lainnya. Namun, pada kesempatan ini kegiatan tersebut menjadi lebih berbeda dengan kehadiran dari para mahasiswa KKN kelompok 71 Universitas Trunojoyo Madura. Mereka mengajak berbagai lapisan masyarakat  desa setempat untuk berpatisipasi dalam acara sosialisasi dan pelatihan pembuatan pestisida nabati yang bertujuan untuk memberi informasi dan pemahaman baru tentang pestisida nabati serta akan bahayanya penggunaan pestisida kimia apabila dilakukan terus-menerus.
           
Penggunaan pestisida kimia pada saat ini semakin menghawatirkan, berbagai penelitian menunjukan bahwa akumulasi dari penggunaan pestisida kimia dapat membahayakan kesehatan manusia. Selain membahayakan untuk kesehatan manusia penggunaan pestisida kimia dapat menyebabkan resistensi terhadap hama dan dapat membunuh organisme non target. Sehingga, kini pestisida nabati hadir sebagai alternatif pengganti pestisida kimia. Pestisida nabati dapat dijadikan pengganti pestisida kimia karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pestisida kimia, adapun kelebihan dari pestisida nabati adalah bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alam yang mengandung senyawa metabolit sekunder contohnya seperti daun mimba (Azachdirachta indica), kelebihan lain dari pestisida nabati yakni tidak menyebabkan resistensi dan tidak menyebabkan kematian pada organisme non target selain itu juga hemat biaya.

Pada hari itu sekitar 100 orang petani hadir untuk berpartisipasi  dalam memeriahkan acara tersebut. Kehadiran mereka menujukan bahwasanya berapa antusiasnya warga untuk mengetahui informasi dan mendapat ilmu baru dari adanya kegiatan KKN yang dilaksanakan. Selain melakuan sosialisasi dan pelatihan tersebut, mahasiswa KKN juga menerima keluhan sekaligus konsultasi terkait bidang pertanian untuk mendukung sekaligus menopang agar acara yang dilaksanakan dapat berkelanjutan dan berdampak baik bagi masyarakat. Menariknya setelah selesainya acara ini pestisida nabati hasil praktek dari mahasiswa KKN menjadi rebutan warga untuk dibawa pulang karena penasaran akan manfaatnya untuk pengendalian hama. (T.A/Aagus/M.R)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html