Senin, 30 Juli 2018

Tembakau Menjadi Tanaman Favorit Ketika Musim Kemarau di Sumenep


        
Petani Tembakau

        Kerta Barat, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep (28/7), Tembakau yang memiliki nama ilmiah Nicotiana tabacum masih menjadi komoditi utama yang diandalkan oleh masyarakat setempat sampai saat ini ketika musim kemarau datang. Tembakau ini merupakan produk pertanian musiman dan tidak termasuk dalam komoditas pangan melainkan komoditas perkebunan. Produk ini biasanya digunakan sebagai “bahan utama hiburan”  yakni sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Selain itu, kandungan metabolit sekunder yang kaya menjadikannya lebih bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat.

Menurut bapak Hasan (65), petani tembakau asal Desa Kertabarat, Kecamatan Dasuk berpendapat bahwa belum ada komoditas lain yang cocok untuk musim kemarau dan keuntungannya menyamai tembakau. Walaupun ada sebagian masyarakat lebih memilih jagung dan kacang tanah sebagai tanaman musim kemarau, namun tanaman tembakau dianggap lebih mudah dalam perawatan serta keuntungannya lebih berlipat ganda karena dapat dipanen lebih dari dua kali ketika musim panen. (D.W/Aaguss)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html