Selasa, 31 Juli 2018

Survei Mawas Diri (SMD) Oleh Puskesmas Di Desa Kerta Barat




Survei Mawas Diri


            Kerta Barat (25/7) Survei Mawas Diri merupakan kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau perawat desa (Depkes RI,2007). Kegiatan SMD ini dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Dasuk dilakukan setiap dua tahun sekali, dan tahun ini bertepatan kegiatan tersebut dengan sasaran  di Desa Kerta Barat bertempat di Balai Desa Kerta Barat.
            Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan supaya masyarakat setempat sadar dan paham akan adanya masalah kesehatan, pengumpulan data sehat dan sakit, mampu mengkaji masalah yang terjadi, serta mampu mengggali sumber daya yang dimilikinya supaya lebih bermanfaat. Adapun hasil dari SMD ini digunakan sebagai acuan dasar dalam menyusun pemecahan masalah yang terjadi.
            Dalam pelaksanaannya, SMD ini berupa interview melalui kuisioner kepada responden dan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Setelah semua data tersebut terkumpul, maka akan dilakukan pengolahan data oleh pihak PUSKESMAS yang menghasilkan kesepakatan tentang masalah-masalah yang dirasakan masyarakat, menentukan prioritas masalah, dan kesediaan masyarakat untuk ikut serta dalam menentukan pemecahan masalah. Sehingga, peluang untuk menciptakan lingkungan desa tentram dan damai akan semakin maksimal. (aaguss)


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html