Selasa, 31 Juli 2018

Pemakaman Desa Kerta Barat


 Makam warga

Kabupaten sumenep merupakan salah satu kabupaten yang berada di pulau Madura. Sumenep terkenal dengan masyarakatnya yang sangat kental dengan agama islamnya, terlebih lagi masyarakatnya sangat menjunjung tinggi tata krama atau kesopanan dengan orang lain. Begitupula dengan warga dari luar daerahnya, masyarakat sumenep akan menganggukkan kepalanya dan menyapa dengan sopan. Dengan kondisi daerahnya yang tergolong masih banyak pedesaan, masyarakat sumenep masih menjunjung tinggi budaya yang ada didesanya. Meskipun sudah ada budaya baru dari luar yang masuk dan menggantikan budaya yang lama. Seperti halnya mengenai proses penguburan orang yang sudah meninggal. Dimana ada perbedaan dengan penguburan yang ada di daerah perkotaan.
Desa Kerta Barat yang berada di Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep memiliki cerita yang menarik tentang bagaimana proses penempatan makam atau kuburan untuk warganya. “ orang sekitar sini itu kalau keluarganya meninggal, seperti anak tersayang, orang tua tersayang, makamnya di tempatnkan tidak jauh dengan rumahnya, ya dimakamkan di samping rumah alasannya itu karena agar setiap harinya bisa melihat makamnya, tidak perlu jauh-jauh kalau mau membersihkan kuburannya ” kata Bapak Khatab. Kecintaan terhadap keluarga memang tidak bisa dibandingkan dengan kecintaan terhadap apapun, seperti itu yang dirasakan oleh warga Kerta Barat. Jadi ketika melewati sepanjang jalan di Kecamatan Dasuk lebih tepatnya di Desa Kerta Barat akan sedikit banyak dijumpai makm yang berada didepan maupun samping rumah dengan jarak yang dekat, atau bahkan dilahan kosong yang luas dengan hanya terdapat beberapa makam.
Dilain cerita itu, ada maksud lain masyarakat Kerta Barat memakamkan keluarganya di tanah miliknya sendiri. “ dulu pernah ada kejadian di Desa sebelah, ketika ada seseorang yang meninggal makamnya ditempatkan di tanah kerabatnya, setelah itu ada masalah diantara keduanya sehingga kerabata yang mempunyai tanah menyuruh untuk memindahkan makamnya ketempat lain, dari itulah masyarakat sini terbawa dengan cerita tersebut, terlebih lagi masyarakat sini memiliki tanah yang luas ”, menurut Bapak Khatab. Banyaknya makam yang berada di depan rumah atau disamping rumah warga Kerta Barat, bukan hanya karena mempermudah dalam mengurus makamnya tapi juga takut dengan kejadian yang pernah terjadi di Desa sebelah. Untuk itu masyarakat di Kerta Barat lebih memilih memakamkan keluarganya di tanahnya sendiri.
“ saya sudah pernah mengusulkan ke organisasi kifayah, organisasi yang mengurus pemakaman untuk mengadakan tempat pemakaman umum agar tanah warga bisa dipakai untuk kebutuhan lain tapi masih belum direalisasikan, mungkin karena belum ada dana untuk membeli tanahnya ” kata Bapak Khatab. Di Desa Kerta Barat ada organisasi yang mengurusi tentang pemakaman seperti membelikan kain kafan, menyediakan tempat mandi jenazah maupun keranda. Namun masih kurang dalam hal dana, karena masih mengandalkan iuran dari masyarakat atau anggotanya. “ kalau semisal kepala desa memberi usulan untuk membuat taman pemakaman umum mungkin warga akan menyutujuinya ” kata Bapak Khatab.


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html