Jumat, 27 Juli 2018

Sejarah Asal Muasal Pemberian Nama Desa Kerta Barat


Desa Kerta Barat merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Desa Kerta Barat terdiri dari 4 dusun yakni Battangan, Tajjan, Daleman, dan Gunggung. Menurut data kependudukan kabupaten Sumenep  jumlah penduduk desa Kerta Barat saat ini sekitar 1649 jiwa yang terdiri dari 744 jiwa perempuan, 725 laki-laki dan 180 anak-anak.
Menurut hikayat cerita, pada zaman dahulu raja-raja yang memerintah di Kabupaten Sumenep, Desa Kerta Barat masih berbentuk perkampungan kecil dengan penduduk yang relatif sedikit. Dalam masa itu sistem pemerintahan desa secara administratif masih belum ada karena kondisi saat itu sangat terbelakang. Dimana pemimpin desa yang dibentuk secara demokratis tidak ada karena pemimpin atau Kepala Desa masih dengan cara ditunjuk oleh raja yang memerintah saat itu. Suatu anggapan bagi Raja bahwa seluruh wilayah merupakan kekuasaan/milik kerajaan.
Alkisah pada suatu masa, desa/perkampungan tersebut terserang penyakit yang apabila pagi sakit maka pada malam harinya meninggal, demikian juga jika malam hari sakit maka esok harinya meninggal. Adapun kampung tersebut bernama Girsereng tetapi pada akhirnya kampung tersebut dinamakan Battangan yang asalnya adalah banyaknya orang yang meninggal di kampung itu tetapi masyarakat agak kesulitan dalam menguburkan mayat-mayat tersebut (dalam bahasa daerah disebut babatang yang artinya bangkai). Oleh karena kondisi yang parah seperti itu, maka banyak penduduk desa yang pindah tempat ke kampung-kampung lain seperti kampung Daleman dan Tajjan.
Karena keadaan begitu parah maka raja mengutus seorang seorang tabib yang masih kerabat Raja yang bernama Romo Kerto untuk melihat dan sekaligus mengobati penduduk di perkampungan yang sederhana tersebut dengan tujuan untuk mengobati penduduk tersebut dan beliau lalu bertempat tinggal di kampung itu pula. Karena beliau masih kerabat dari kerajaan maka tak lama kemudian daerah tersebut menjadi terkenal sehingga apabila seseorang akan pergi ke kampung tersebut orang selalu bilang akan pergi ke kampung Romo Kerto. Inilah cikal bakal dimana kampung tersebut menjadi desa dengan nama Kerta.
Konon ceritanya, beliau kemudian menjadi pemimpin desa yang tentu direstui raja yang kemudian mempersatukan kampung-kampung di sekitarnya (kampung Daleman,Tajjan serta Gunggung) hingga membentuk desa yang sekarang ini dikenal dengan kerta barat.

Lokasi: West Kerta, Dasuk, Sumenep Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html